Selasa, 19 November 2013

MANAJEMEN PEMELIHARAAN MESIN PABRIK

Mesin pabrik merupakan bagian penting untuk memperlancar proses produksi. Salah satu faktor yang mempengaruhi kelancaran proses produksi adalah mesin. Itulah sebabnya perawatan adalah hal yang tidak boleh dilewatkan mengingat mesin merupakan salah satu organ penting untuk eksistensi perusahaan.

Manajemen pemeliharaan mesin merupakan salah satu langkah tepat untuk me-manage kapan mesin butuh dilakukan perawatan. Dengan demikian, proses kerja mesin dalam pabrik tetap berjalan lancar sehingga proses produksi tidak akan terhambat.
Beberapa faktor yang harus diperhatikan agar produk tetap bisa bersaing di pasaran adalah menjaga kualitas produk, harga produk yang sesuai, dan yang terpenting adalah produk diproduksi dengan cepat sehingga bisa sampai ditangan konsumen dengan segera.
Salah satu cara untuk manjaga kualitas produk yaitu melakukan Oil Analysis. Menganalisa minyak oli pada sebuah mesin merupakan cara yang tepat untuk menjaga kualitas produk. Tak hanya menjaga kualitas produk, Oil Analysis juga dapat membuat mesin bekerja dengan baik atau stabil.
Menjaga agar performa mesin tetap stabil, memang banyak hal yang harus dilakukan. Oil Analysis tidak harus selalu dilakukan secara rutin. Oil Analysis dilakukan kurang lebih 1 bulan sekali.
Untuk produk yang mempunyai masa expired tertentu, kecepatan produksi dan tahap penyampainnya kepada konsumen sangatlah penting. Karena bagaimanapun juga konsumen akan lebih menyukai produk yang baru diproduksi dari pada produk yang telah disimpan hingga berminggu-minggu.
Itulah sebabnya untuk menjaga proses produksi, maka pabrik harus benar-benar didukung oleh peralatan mesin yang selalu siap untuk digunakan. Sehingga sangat penting kiranya untuk selalu memberikan perawatan kepada mesin pabrik secara teratur dan juga terencana secara matang. Dalam hal ini perusahaan harus memiliki atau menyusun sistem manajemen pemeliharaan mesin pabrik dengan baik.
Tahap perawatan itu sendiri memang merupakan bagian dari industri sehingga bagian ini merupakan hal wajib yang harus dilakukan oelh perusahaan itu sendiri. Program perawatan itu sendiri memiliki peran yang sangat besar dalam mendukung aktifitas produksi. Selain untuk mendukung kelancaran proses produksi, tahap perawatan mesin pabrik juga berperan untuk menjaga kualitas hasil produksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar